Saturday, May 19, 2012

9 Tips Mengusir Rasa Kantuk di Kantor

Rasa kantuk adalah masalah yang dialami oleh setiap orang tanpa memandang bulu, usia, dan tempat dimana rasa kantuk itu mulai menyerang. Serangan kantuk bisa saja menyelinap ke rumah mewah, rumah sederhana, bahkan disaat berkendaraan pun rasa kantuk dapat menyerang. Kalau serangan kantuk tersebut menyerang di saat kita sedang bersantai di rumah dengan keluarga, tentu saja mudah untuk menemukan solusinya, yaitu dengan pergi ke kamar tidur dan membaringkan badan lalu tidur.

Tetapi bagaimana bila serangan kantuk menyerang di saat Anda sedang bekerja di kantor? Tidak mungkin Anda pergi berbaring di atas meja lalu tidur dengan santainya tanpa peduli ada yang memperhatikan Anda. Karena taruhannya sudah tentu karir Anda sendiri.

Mengantuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya jam tidur atau pola tidur Anda yang tidak teratur, lelah karena menatap layar komputer berjam-jam, kurang aktivitas tubuh, dan membiasakan diri di pagi hari belum sarapan. Atau bisa juga dikarenakan makan siang yang terlalu banyak sehingga tubuh merasa nyaman dan perut lapar sudah tidak mengganggu lagi dan kantuk pun datang menyerang.

Namun yang namanya ngantuk tidak boleh dipelihara, mengingat ini adalah di saat jam kerja. Kantuk harus dilawan agar penyelesaian pekerjaan tidak terganggu.

Berikut adalah beberapa tips kecil untuk mengusir rasa kantuk Anda di saat Anda sedang bekerja.
  1. Perbaiki jam tidur Anda di malam hari, sehingga pagi hari bangun dengan kondisi segar dan siap beraktivitas kembali.

  2. Bila ngantuk menyerang disaat Anda bekerja menggunakan komputer, siasati dengan mengistirahatkan mata agar mata lebih rileks, tidak tegang saat terpapar cahaya yang memancar dari layar komputer. caranya dengan berjalan-jalan di sekitar meja kerja, menuju jendela, dan menatap hijau pohon yang ada di luar ruang kerja (Bila kantor Anda ada di lantai atas). Atau bisa  juga berjalan-jalan di taman luar sejenak (Bila Anda berada di lantai dasar).  Atau mengobrol sejenak dengan rekan kerja Anda. Kegiatan ini dapat dilakukan asal tidak menganggu pekerjaannya.

  3. Melakukan latihan ringan seperti menggerakkan kepala, tangan dan kaki atau melakukan peregangan otot.

  4. Basuhlah muka dengan air dingin supaya fresh.

  5. Menyalakan radio atau mendengarkan musik akan merangsang mood dan mengusir rasa kantuk.

  6. Pasanglah aromaterapi di dalam ruangan kantor Anda agar menambah semangat kerja. Memilih wewangian aroma yang menyegarkan seperti aroma mind dan aroma buah-buahan.

  7. Jika rasa kantuk mulai menjadi, tidak ada salahnya mengusir hasrat ingin tidur dengan mongkonsumsi cemilan.

  8. Minumlah air putih. Dengan minum air putih diharapkan dapat menyegarkan tubuh dan pikiran kembali agar kelopak mata menjadi segar kembali.

  9. Olahraga yang teratur. Baik waktunya, kapasitasnya, maupun jenis olahraganya. Dengan tubuh yang fit dan bugar, boleh jadi kantuk pun tidak mudah menyerang disaat jam kerja.

No comments: