Thursday, October 04, 2012

Freelancer Indonesia

Di tengah maraknya aksi demonstrasi menolak sistem outsourcing yang dilakukan oleh para buruh, sebuah website penyedia layanan outsourcing bernama Freelancer.com diluncurkan di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (3/10/2012).


Freelancer.com adalah pasar outsourcing terbesar di dunia. Berbeda dengan sistem outsource yang selama ini dikenal, website ini berperan mempertemukan pemilik proyek dengan tenaga profesional yang mampu menangani proyek tersebut.
"Freelancer adalah e-commerce untuk jasa. Produk ini mirip eBay, tapi khusus untuk layanan, bukan produk," papar Willix Halim, Vice President of Growth Freelancer.com, saat menjelaskan panjang-lebar produk andalannya.
Sejak didirikan tahun 2009, website ini sudah dimanfaatkan oleh empat juta lebih pengguna di seluruh dunia, di lebih dari 240 negara, daerah dan kawasan. Jumlah transaksi mencapai 595 juta Dolar Amerika, beredar di antara 2,4 juta proyek yang telah dialihdayakan ke tenaga lepas (freelancer) di seluruh dunia.
Di website ini, pengguna bisa menawarkan sebuah proyek ataupun mengikuti lelang untuk mendapatkan proyek yang sedang ditawarkan. Dan dengan hadirnya website versi Indonesia dengan alamat www.freelancer.co.id, para pengguna Internet di Indonesia bisa lebih mudah dalam memanfaatkannya, antara lain karena website ini menggunakan bahasa Indonesia dan menyediakan transaksi dalam mata uang rupiah.
Semangat Freelancer.com adalah membantu para pengusaha kecil dan menengah dalam mewujudkan ide bisnis mereka. "Biasanya enterpreneur punya ide brilian. Ide ini bisa jadi kenyataan dengan memanfaatkan produk kami di skala global," ujar Halim.
Artinya, tanpa harus memiliki tenaga kerja profesional, pengusaha dapat merealisasikan pengerjaan sebuah proyek bisnis dengan melempar proyek tersebut untuk dikerjakan oleh orang yang kompeten di bidangnya.
Website ini memiliki 400-500 kategori pekerjaan seperti desain grafis, desain website, penulisan artikel, data entry sampai data processing dan internet marketing. Untuk menjaga iklim kondusif dalam bertransaksi, Freelancer.com menerapkan batas minim biaya untuk setiap jenis pekerjaan. Selain itu, pemilik proyek diharuskan menyerahkan budget proyek ke Freelancer agar terjadi kasus gagal bayar atau pembayaran di bawah standar.

Pekerjaan Sambilan
Dari sisi tenaga kerja lepas, website ini memberikan peluang dalam mendapatkan proyek yang sesuai dengan keahliannya. Sudah banyak pekerja lepas yang mendapatkan penghasilan dari proyek-proyek yang didapat di sini. Begitu pun, tak sedikit karyawan sebuah perusahaan yang memanfaatkan website ini untuk mendapatkan pekerjaan sambilan.
Daniel, seorang programmer lepas yang sudah lama menggunakan produk ini mengaku bisa mendapatkan uang 50 Dolar Amerika hanya dengan bekerja selama dua jam.  Reputasinya sebagai pekerja lepas pun terbilang bagus, dan sudah banyak testimoni positif yang diberikan oleh pemilik proyek yang telah menggunakan jasanya.
Agar bisa memenangkan lelang proyek, ayah empat anak ini memiliki tips menarik. "Saya bilang ke pemilik proyek, saya sudah menyelesaikan pekerjaan yang diminta, silakan lihat hasilnya," kata Daniel.
Paris, programmer lain yang juga sudah menggunakan Freelancer.com, memiliki kiat lain dalam meyakinkan pemilik proyek. "Bikin deskripsi yang jelas buat meyakinkan employer, jangan asal jiplak," katanya.
Paris juga menyarankan agar pemerintah menggunakan layanan Freelancer untuk beberapa proyek yang biasanya dilelang, demi menekan angka korupsi yang marak terjadi di instansi pemerintah.

No comments: