Friday, August 03, 2012

Cara Mengajarkan Anak Lebih Kreatif

ANAK zaman sekarang memang lebih tertarik dengan permainan komputer dan acara televisi daripada melakukan kegiatan outdoor. Padahal, sebuah penelitian mengatakan kalau terlalu sering menonton televisi, efeknya bisa memperlambat imajinasi, kemampuan kreatif, dan kognitif anak.



Sebagai orangtua, tentunya Anda juga harus mampu mendorong anak-anak untuk melakukan aktivitas di luar ruangan agar mereka bisa lebih kreatif. Untuk itu, ada beberapa trik untuk mengajak mereka berkegiatan di luar, seperti dilansir Onlymyhealth.

Membuat jadwal

Anda bisa mulai dengan membuat jadwal menonton televisi dan bermain game. Di sela-sela waktunya, ajak mereka berinteraksi dengan anak-anak lain dan meminta mereka berpartisipasi pada suatu kegiatan. Saat liburan sekolah, ajaklah mereka untuk menyalurkan hobi dengan mengikuti kelas berenang.

Mengikuti Olahraga

Ajak anak untuk bergabung dengan tim olahraga karena kegiatan ini bisa memberikan latihan fisik dan mendorong rasa antusias terhadap sesuatu.

Menciptakan permainan yang kreatif

Libatkan anak dalam kegiatan kreatif seperti mengikuti kelas seni melukis dan membuat keramik. Mungkin Anda juga bisa mencoba permainan yang bisa merangsang pertumbuhan otak dan kreativitas, seperti puzzle jigsaw.

Ajarkan untuk berkompetisi

Tantang anak Anda dan temannya untuk berkegiatan yang memicu persaingan positif. Seperti membuat kerajinan boneka terbaik dan melukis terindah. Perlu diterapkan pada anak bahwa dalam persaingan pasti ada yang menang dan kalah. Bagaimana dengan anak2 anda? Silahkan mencoba. Sumber : Okezone

No comments: