Friday, January 16, 2015

HERE Maps vs Google Maps

Setelah membaca suatu artikel bahwa HERE keluaran Nokia yang sudah tertanam di smartphonenya, ternyata juga sudah ada versi web nya. HERE adalah seperti sebuah peta (map) yang bisa juga menampilkan versi Peta (Map) dan Satellite. Dengan mencoba membandingkan keduanya, HERE Maps vs Google Maps, terdapat perbedaan dalam tampilan map-nya. Memang tidak selengkap Google Maps, tapi Here Maps bisa menjadi salah satu alterlatif dalam mencari lokasi dan tempat-tempat wisata, restoran, dan lain sebagainya. Saat ini Nokia HERE sudah membentuk HERE EXPERT COMMUNITY sebagai wadah bagi para kontributor yang telah membantu membangun HERE Maps.

Dalam membangun peta, selain mengumpulkan data langsung, Nokia HERE juga melibatkan peran masyarakat melalui tools HERE Map Creator. Dengan fitur ini masyarakat dapat berkontribusi memberikan informasi geospatial baik berupa jaringan jalan, lokasi-lokasi penting, dan nomor rumah langsung darimana saja dan kapan pun. 

Sejak tool ini diperkenalkan pada 2013, total masyarakat yang telah berkontribusi mencapai lebih dari 1.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan total kontribusi >200.000 km jaringan jalan, >150.000 lokasi-lokasi penting, >80.000 nomor rumah, dan 10 Map Master (anggota komunitas dengan kontribusi yang signifikan).

Berikut screenshot perbandingan antara Here Maps dan Google Maps.

Bandara Soekarno Hatta dengan menyamakan koordinat pada address bar, tampilan peta :

HERE, Bandara Soekarno Hatta
HERE - Bandara Soekarno Hatta











Google - Bandara Soekarno Hatta
Google - Bandara Soekarno Hatta
















Searching Monas, tampilan sattelite :

HERE, Searching Monas
HERE, Searching Monas
Google, Searching Monas
Google, Searching Monas

No comments: