Monday, August 06, 2012

Stainless Steel Grade 904L

Alhamdulillah, di bulan yang penuh berkah ini, tambah satu ilmu lagi nih saya. Tadi lagi baca-baca Prosedur RO (Reverse Osmosis), ternyata pompa intake yang mereka pakai menggunakan bahan Stainless Steel Grade 904L. Nah penasaran apa bener itu salah ketik, karena saya baru tau tuh. Selama ini taunya suman sampai grade 430. Ternyata setelah searching di om Google dengan kata kunci "Stainless Steel Grade 904L", ternyata benar emang ada dan bukan salah ketik :)



Latar Belakang
904L adalah non-stabil karbon tinggi paduan rendah austenitik stainless steel. Penambahan tembaga untuk kelas ini memberikan itu sangat meningkat resistensi terhadap asam pereduksi kuat, terutama asam sulfat. Hal ini juga sangat tahan terhadap serangan klorida - baik pitting korosi celah / dan korosi retak tegang.
Kelas ini adalah non-magnetik di segala kondisi dan memiliki mampu las yang sangat baik dan sifat mampu bentuk. Struktur austenitik juga memberikan ketangguhan yang sangat baik kelas, bahkan hingga ke suhu cryogenic.
904L tidak memiliki isi yang sangat besar dari bahan nikel biaya tinggi dan molibdenum. Banyak aplikasi di mana kelas ini sebelumnya telah melakukan dengan baik sekarang dapat dipenuhi dengan biaya lebih rendah dengan baja tahan karat dupleks 2205 (S31803 atau S32205), sehingga digunakan kurang umum daripada di masa lalu.

Corrosion Resistance

Meskipun awalnya dikembangkan untuk ketahanan terhadap asam sulfat juga memiliki resistensi yang sangat tinggi untuk berbagai lingkungan. Sebuah PRA dari 35 menunjukkan bahwa bahan tersebut memiliki ketahanan yang baik terhadap air laut hangat, dan lingkungan klorida tinggi. Tinggi konten hasil nikel dalam perlawanan jauh lebih baik terhadap korosi retak tegang daripada nilai austenitik standar. Tembaga menambah ketahanan terhadap asam sulfat mengurangi dan lainnya, khususnya di rentang yang sangat agresif "pertengahan konsentrasi".

Dalam lingkungan yang paling 904L memiliki kinerja korosi penengah antara kelas austenitik 316L standar dan molibdenum 6% sangat tinggi paduan dan mirip "super austenitik" kelas.
Dalam 904L asam nitrat agresif memiliki ketahanan kurang dari molibdenum bebas nilai seperti 304L dan 310L.
Untuk korosi tegangan maksimum ketahanan retak dalam lingkungan kritis baja harus diperlakukan solusi setelah bekerja dingin.

Heat Resistance

Ketahanan yang baik terhadap oksidasi, tapi seperti nilai yang sangat paduan lainnya menderita ketidakstabilan struktural (pengendapan fase rapuh seperti sigma) pada temperatur tinggi. 904L tidak boleh digunakan di atas sekitar 400 ° C.

Perlakuan Panas

Solusi Pengobatan (Annealing) - panas untuk 1090-1175 ° C dan dingin dengan cepat. Kelas ini tidak dapat dikeraskan dengan perlakuan panas.

Welding

904L dapat berhasil dilas oleh semua metode standar. Perawatan harus diambil sebagai kelas ini membeku sepenuhnya austenitik, sehingga rentan terhadap retak panas, terutama di weldments dibatasi. Tidak ada pra-panas harus digunakan dan dalam kebanyakan kasus pasca las perlakuan panas juga tidak diperlukan. SEBAGAI 1554,6 pra-kualifikasi batang 904L Grade dan elektroda untuk pengelasan 904L.

Pembuatan

904L adalah kemurnian, kelas belerang tinggi rendah, dan dengan demikian tidak akan mesin juga. Meskipun ini kelas dapat mesin menggunakan teknik standar.
Membungkuk hingga radius kecil ini mudah dilakukan. Dalam kebanyakan kasus ini dilakukan dingin. Anil umumnya tidak diperlukan, meskipun harus dipertimbangkan jika fabrikasi yang akan digunakan dalam lingkungan di mana stres parah kondisi retak korosi diantisipasi.

Stainless steel 904L memiliki UNS designation N08904, dan kalau merujuk ke
ASME sect.2C, electrode yang bisa dipakai:
SFA 5.9 ER385 (TIG) atau SFA 5.4 ER385-XX (SMAW). 

Aplikasi

Aplikasi yang umum termasuk:
         Pengolahan tanaman untuk sulfat, fosfat dan asam asetat
         Pulp dan pengolahan kertas
         Komponen pada tanaman scrubbing gas
         Air laut peralatan pendingin
         Minyak kilang komponen
         Kabel di debu elektrostatis

Sumber : Atlas Steel Australia 

 


No comments: