Friday, February 18, 2011

IPB: Susu Formula Tak Mengandung Bakteri

Jakarta - Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) I Wayan Teguh Wibawan mengatakan kini susu formula telah bebas dari bakteri Enterobacter sakazakii. Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR R. Turut hadiri pula Menteri Kesehatan, Kepala BPOM dan YLKI.

"Tahun 2003, pada waktu itu menemukan E Sakzakii, dan pada 2006 barulah mendapat pehatian publik. Di tahun 2009, terhadap susu formula diambil 44 sampel itu bebas dari bakteri E Sakzakii," katanya di depan anggota dewan yang dipimpinan sidangnya oleh Ahmad Nizar. Menurut Teguh, memang benar dalam penelitian sebelumnya ditemukan bakteri E Sakazakii, namun dalam penelitian 2009 dan 2010 tidak ditemukan atau negatif.

Dirinya pun menepis pemberitaan yang ramai terkait 22 produk susu formula yang terkontaminasi bakteri E Sakazakii. "Bukan 22 brand (merek/produk) tapi 22 sampel," tegasnya. Teguh pun menjelaskan, penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Hewan IPB ini hanya untuk bertujuan melakukan isolasi, bukan surveilance.(BJK/MEL)

Sumber: Liputan6com

No comments: